Pages

Jumat, 15 Agustus 2014

pantai pangumbahan- sukabumi

Pantai Pangumbahan 

Pantai Pangumbahan Ujung Genteng terletak di 70 km selatan sukabumi atau 5 km arah barat dari pantai ujung genteng. Di pantai ini terdapat konservasi dan penangkaran penyu, di kelolah oleh pemda setempat. Pengunjung bisa menyaksikan lebih dekat mengenai proses bertelurnya penyu di pantai pangumbahan ujung genteng. Pinggiran pantai ini masih di tumbuhi oleh pohon-pohon rindang dan subur, membuat udara menjadi lebih sejuk dan merupakan salah satu syarat ekosistem untuk tempat bertelur penyu-penyu. Kapan waktu yang tepat untuk menyaksikan moment penyu bertelur di pantai ini? Datanglah menjelang atau di antara bulan agustus hingga bulan maret. Karena bulan – bulan inilah penyu akan bertelur. Setiap malam pantai akan di datango oleh belasan induk penyu yang akan bertelur. Tips untuk wisatawan yang ingin menyaksikan proses ini secara langsung sebaiknya menyiapkan perlengkapan tambahan untuk kegiatan malam hari, botol minum dan beberapa makanan kecil serta jaket untuk menahan angin laut. Karena selama di lokasi anda tidak akan menemukan toko atau warung yang buka pada hampir tengah malam, selain itu anda juga harus menunggu lumayan lama untuk menyaksikan proses penyu bertelur, perlu waktu hingga 2-3 jam untuk mengamati dan menyaksikan induk penyu bertelur dan kembali ke lepas pantai. Penyu betina yang bertelur bisa mencapai 80-200 butir dan itupun dimulai dari usia 20 hingga 100 tahun.
Pusat penangkarang penyu telah membangun  6  pos pengamatan yang disiapkan bagi para pengunjung.  Masing-masing pos  akan menampung sejumlah kumpulan pengunjung, tentu dibatasi jumlahnya agar tidak terlalu padat dan ramai sehingga mengganggu proses bertelurnya Penyu.
Pantai pangumbahan akan ramai menjelang pukul 17.00, banyak petugas datang dengan keranjang tungkik, menyaksikan secara langsung penyu-penyu kecil ( tungkik ) yang dilepas di laut, menjadi pemandangan dan pengalaman yang tidak akan terlupakan.
Sekedar informasi bagi anda yang ingin menginap, anda bisa menemukan banyak penginapan di sekitar pantai, alternatif lainnya adalah mendirikan tenda dan berkemah di pinggir pantai. Anda tidak perlu takut akan biaya yang membengkak, karena pantai pangumbahan, ujung genteng merupakan salah satu wisata berkelas dengan biaya yang terjangkau.
Pantai pangumbahan indah-62111
Pantai pangumbahan indah-62111
Pesona Pantai Pangumbahan dan Proses Penyu Bertelur-3g
Pesona Pantai Pangumbahan dan Proses Penyu Bertelur-3g
Kawasan Pesisir Pantai Pangumbahan Menjadi Obyek Wisata Penyu-556829909
Kawasan Pesisir Pantai Pangumbahan Menjadi Obyek Wisata Penyu-556829909
Pantai Pangumbahan, Tempat Penangkaran Penyu Hijau-8923
Pantai Pangumbahan, Tempat Penangkaran Penyu Hijau-8923

0 komentar:

Posting Komentar