Pages

Jumat, 15 Agustus 2014

pantai rancabuaya-garut


ranca buaya

Semua orang setuju bahwa pantai merupakan tempat yang tepat untuk dijadikan sebagai tempat wisata favorit karena di sini banyak sekali disajikan panorama alam yang begitu indah serta menakjubkan dan juga udara sejuk yang menyegarkan sehingga ketika orang berkunjung ke pantai untuk berlibur dan menghilangkan rasa penat mereka karena lelah dengan rutinitas sehari-hari dapat merasakan relaksasi yang menyenagkan dan menyegarkan ketika mereka berada di pantai. Seperti hal nya dengan Pantai Ranca Buaya, pantai yang terletak di sebelah Kabupaten GarutJawa Barat dan belokasi di kecamatan Caringin ini menyajikan pemandangan serta panorama alam laut pantai yang begitu cantik dan menarik sehingga dijamin para wisatawan yang berkunjung ke pantai ini akan dapat menghabiskan waktu liburan mereka dengan sangat menyenagkan.
ranca buaya
pantai ranca buaya
Pantai Ranca Buaya ini adalah salah satu objek wisata alam pantai yang memiliki luas sebesar 10 ha dengan luas kawasan keseluruhan sebesar 1.524 ha, dan dari area tersebut yang telah dimanfaatkan untuk pembangunan fasilitas wisata sebesar kurang lebih 2 ha. Kegiatan wisata yang dapat dilakukan oleh para pengunjung di pantai ini  adalah hiking, trekking dan sightseeing. Deburan ombak, batu karang yang terhampar luas, serta pemandangan dari bukit yang menakjubkan menjadikan sensasi tersendiri bagi siapa pun yang datang ke Pantai Ranca Buaya ini. Pengunjung  yang datang ke pantai ini juga bisa menikmati pemandangan indah dari atas tebing. Di atas tebing ini terhampar rumut hijau yang bersih yang nyaman untuk diduduki sambil melepas pandangan luas ke arah Pantai Ranca Buaya ini.
Pantai Ranca Buaya pada dasarnya memiliki potensi yang sangat luar biasa untuk dijadikan tujuan wisata, namun Pantai Ranca Buaya ini memang kurang mendapatkan promosi sehingga kurang begitu dikenal oleh kalangan masyarakat. Tempat Wisata Pantai Rancabuaya terletak di Daerah Garut Selatan.Pantai ini memiliki batu-batu karang besar dan langsung berbatasan dengan Samudera Hindia sehingga memiliki ombak laut yang amat sangat besar. Jarak kawasan Rancabuaya dari Ibu kota Bandung adalah 167 km, jarak dari Garut Kota adalah 105 km, dan jarak dari Kecamatan Caringin adalah 30 km sedangkan tranportasi yang dapat digunakan untuk menuju ke pantai ini adalah dengan menggunakan minibus. Pantai ini memiliki terumbu karang yang cukup besar, bahkan di pantai ini terdapat tebing yang cukup besar.
Hal inilah yang membuat pantai ini berbeda dari pantai yang lainnya, berbatasan langsung dengan samudra hindia dan memiliki karakter ombak yang besar, rata-rata tinggi gelombang kurang lebih 1 meter  dan material dasar laut berupa pasir halus, batu karang, dan pasir kasar termasuk daerah sepanjang garis pantai. Kemiringan laut landai, serta ditumbuhi rumput laut dan ganggang hijau sebagai flora laut dominan. Sedangkan fauna laut dominannya adalah ikan tuna dan ikan karang . Selain itu hal lain yang membuat pantai ini dapat terlihat istimewa adalah air terjun atau curug yang menghadap ke pantai, pemandangan yang luar biasa. Pengunjung juga bisa melihat ikan kecil yang berada di sela-sela karang yang terbawa arus.
Nah bagi anda yang ingin berwisata ke pantai untuk menghabiskan waktu liburan anda, Pantai Ranca Buaya ini dapat menjadi pilihan tempat anda untuk berwisata bersama keluarga anda. Hamparan lautnya yang luas dan lokasi nya yang belum banyak terjamah oleh tangan manusia membuat liburan anda bersama keluarga anda akan tersa lebih nyaman dan menyenangkan.

0 komentar:

Posting Komentar